Blog resep terbaik dan terbaru di Indonesia dengan segala resep kue, masakan, sate, bakso, masakan padang, sambal, bumbu dan lain lain

Selasa, 18 Oktober 2016

Pembukaan Kultum Singkat Yang Simpel Dan Mengesankan

Kegiatan kultum singkat akan terasa menawan jika diberikan kesan yang unik dan menawan pada pembukaannya. Seperti anggapan banyak orang “kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda”. Pendengar akan merasa tertarik dan takjub jika disajikan tampilan yang menggugah dan menarik. Sang pendakwah harus menghadirkan fenomena yang nyata dan sederhana dalam implementasi kehidupan sehari-hari yang menyesuaikan pada kajian ceramah.

Tips untuk membuka kuliah singkat sebaiknya jangan melebihi dari dua menit karena terkesan ceramah resmi yang seharusnya panjang. Ini dimaksudkan untuk menyampaikan materi secara penuh. Jangan sampai pembukaan anda melebihi batas waktu atau terlalu panjang sehingga materi yang tersampaikan menjadi terbatas. Anda tidak dapat mengeksplorasi topik pembahasan secara mendalam. Adapun hasilnya, pemahaman yang didapat oleh audience menjadi umum dan kurang dimengerti. Sebenarnya, kajian islam secara umum itu sudah diketahui oleh kebanyakan orang. Mereka sudah memperolehnya selama mengenyam pendidikan pada program wajib belajar 9 tahun. Sehingga ceramah anda akan percuma jika anda menyampaikan apa-apa yang sudah diketahui.

Permulaan moqoddimah pada ceramah singkat harus diawali dengan puji syukur kepada Alloh SWT. Itu biasanya diucapkan dengan bahasa Arab. Namun anda tidak perlu khawatir untuk tidak mendapatkan referensi tersebut. Semua sudah ada di kitab suci terutama di hadist. Sangat banyak sekali yang dapat anda jumpai di sana. Apa lagi jika anda membuka hadist bab khotbah. Hampir keseluruhan menampilkan pembukaan ceramah.

Alangkah baiknya anda meneruskan pembukaan tersebut dengan menyapa pendengar dengan dihubungkan dengan lingkup penerapan syukur. Banyak sekali contoh-contoh fenomena tentang itu. Itu akan menambah kesan pembukaan agar lebih khidmat. Sebagai apersepsi atau penghubung dari pembuka menuju isi, berikanlah ungkapan pancingan yang relevan. Sebenarnya ini adalah poin gebrakan yang membuat pendengar terkejut dan merasa penasaran dengan topik yang anda bawakan. Tentunya dengan menghadirkan cerita-cerita Al-Quran dan Al-Hadist, serta fenomena faktual yang menjadi bukti untuk dibahas dalam acara ceramah singkat tersebut. Pastikan, gebrakan tersebut anda sampaikan dengan metode yang ramah dan bersahabat. Biarkan pendengar merasa penasaran hingga jawaban itu anda sampaikan dan diulas di pembahasan atau di akhir kuliah singkat yang anda bawakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pembukaan Kultum Singkat Yang Simpel Dan Mengesankan