Bagaimana Cara Memasak 3. Cinnamon Rolls (permulaan untuk baking bread) Enak Banget

3. Cinnamon Rolls (permulaan untuk baking bread).

3. Cinnamon Rolls (permulaan untuk baking bread)
Anda bisa mendapatkan 3. Cinnamon Rolls (permulaan untuk baking bread) dengan menggunakan 16 bahan dan 14 langkah. Silahkan diperhatikan segala informasi penting dibawah ini.


Bahan Bahan Untuk 3. Cinnamon Rolls (permulaan untuk baking bread)

  1. Ambil Untuk Roti.
  2. Ambil 4 1/2 cup atau 558 gram Tepung terigu protein tinggi.
  3. Siapkan Sejumput garam.
  4. Siapkan 4 gram ragi.
  5. Siapkan 50 gram gula pasir.
  6. Perlu 240 ml susi cair.
  7. Ambil 115 gram Butter.
  8. Siapkan 2 butir telur.
  9. Siapkan untuk Isian.
  10. Perlu sesuai selera Cinnamon bubuk.
  11. Ambil 50 gram Gula merah halus.
  12. Perlu 30 gram Butter.
  13. Siapkan untuk Glazing.
  14. Siapkan 100 gram Cream cheese.
  15. Siapkan 50 gram gula.
  16. Siapkan sedikit Vanilla.

Instruksi Membuat 3. Cinnamon Rolls (permulaan untuk baking bread)

  1. TEPUNG. Untuk bahan utama ini, poin tepenting adalah jenisnya harus protein tinggi karena ini yang paling pas untuk membuat roti2an. Biasanya merek tepung cakra. Sedangkan yang sudah saya coba ada tepung dari toko roti di sini yang disebut sebagai Nun. Tepung ini mirip dengan tepung cakra, tapi tidak begitu halus. Selain itu, saya juga pernah coba pakai tepung berkulit ari atau whole wheat. Harganya di sini lebih murah, warnanya kecoklatan, tapi cenderung membuat roti lebih mudah maur/crumbly..
  2. RAGI, GULA, SUSU. Ragi juga bahan utama sebagai bahan untuk mengembangkan roti. Sebelum digunakan, ragi diaktifkan atau dihidupkan dulu dengan cara diberi pemanis dan air hangat. Cara mengaktifkannya; tambahkan gula dan air hangat, lalu diaduk rata sebentar. Diamkan 5-10 menit sampai berbuih. Buihnya menandakan ragi sudah aktif. TIPS: utk tepung berkulit ari/whole wheat, gunakan madu sebagai pengganti gula, sehingga hasilnya tdk maur. Sdangkan susu membuat roti lbh gurih & lembut drpd air biasa..
  3. BUTTER. Mungkin anda lebih suka menggunakan mentega, tapi saya lebih berselera dengan butter, dan di tempat saya memang yang banyak dijual adalah butter. Butter, rasa dan aroma susunya kuat ya. Cara pemakaiannya saya belum tau apa yang paling tepat untuk cinnamon rolls. Ada yang dihaluskan dulu dan ada yang dicairkan..
  4. TELUR. Dalam satu resep, ada bilang perlu dua telur, ada yg cukup satu. Saya ga ngerti apa bedanya. Selain itu cara mencampurkannya juga macam2, ada yg langsung campur saja, ada yg dimixer dulu dengan butter halus, ada jg yg mencampurkannya bersama yg selain tepung baru tepungnya belakangan..
  5. CARA MENCAMPURKAN ADONAN. Nah, untuk ini saya juga masih coba banyak bentuk. Sebetulnya asal campur semua bahan roti saja sudah bisa sih, asalkan raginya sudah diaktifkan dulu. Tapi ada resep yang membuat campuran halus telur dan softened butter dulu pakai mixer, baru dicampur ragi aktif, lalu tepung secara perlahan. Kalau yang kedua, jangan heran ya hasil butter+telur akan tampak menggumpal seperti digambar. Dan saya lihat hasil rotinya akan lebih lembut berserat..
  6. CARA MENGADON: tentang Kalis & Elastis. Adapun terkait ini sy masih kesulitan soalnya saya di dapur sambil sll ditemani si kecil. He3x. Jd saya hampir tidak pernah membuat dlm waktu lama, asal kalis saja. Kalis yaitu adonan sdh tdk lengket lagi di tangan dan sudah mudah dibolak/i. Tapi saya baca resep lain, diadonnya sampai elastis, yaitu bila ditarik & ditipiskan tdk mudah robek. Masalahnya, itu butuh waktu yg sangat lama. Biasanya adonan donat yg bisa menghasilkan ring harus begitu..
  7. ALAT MENGADON. Saya juga masih lebih nyaman mengadon dengan tangan. Asalkan tercampur rata dan kalis, selama ini jadi2 saja ko😉👍. Tapi saya selalu ingin bisa praktis dan cepat pakai alat, tapi masih gagal terus. Pakai mixer yang besinya khusus adonan roti, jadinya malah lebih lama bahkan kadang adonannya naik sampai ke mesin mixernya. Wahahaha. Sedangkan pakai mixer yang besar itu, saya belum punya. Hehehe..
  8. MENGEMBANGKAN ADONAN. Adonan kalis didiamkan supaya membesar dua kali lipat. Ini tergantung keberhasilan mengaktifkan ragi dan mengadonnya ya. Kalau lancar, satu jam udah jadi. Tapi dua jam juga bisa. Poinnya, jangan sampai jauh lebih lama lagi karena akan membuat bau ragi makin pekat dan hasil adonan lembab berpori2. Oya, jangan lupa ditutup wadahnya, dan letakkan di tempat yang hangat. Penting!.
  9. Sambil menunggu, siapkan isiannya. Biasanya isiannya campuran halus gula, butter, dan cinnamon. Tapi kamu bisa kreasi dengan gula merah, coklat cair, atau bahkan kurma dan pisang halus juga pernah saya coba (hasilnya waaangiii sedap😋)..
  10. MENGENAL OVEN. Bila sudah mengembang, panaskan oven 200°C, tapi tergantung ovennya sih. Kalau punya saya, 150° udah cukup. Lalu kempeskan adonan, giling menjadi pipih persegi panjang. Lalu oles rata isian ke atas adonan. Gulung adonan pelan2. Kemudian potong2 jadi 10 sampai 12 bagian..
  11. Sudah, tinggal dioven sampai matang, kurang lebih 30 menit cukup. Oya, sekitar 15 menit setelah kecoklatan, saya tutup loyangnya dengan loyang yang lebih besar supaya tidak makin coklat atau keburu gosong. Bagus lagi kayanya kalau ada aluminum foil..
  12. Kalau sudah mulai matang, ciri2nya wangi rotinya semeriwing ke semua rumah. Hmmm.. Perpaduan cinnamon, gula, dan butter yang sedap pastinya. Tapi masalahnya, saya belum kenal betul dengan oven saya. Ini foto bagian adonannya ternyata gosong setelah diambil sama anak saya. 😂.
  13. Silakan beri glazing bila sudah hangat, atau bisa juga nanti saja ketika mau dihidangkan dan dimakan. Cream cheese adalah favorit saya, tapi boleh juga diganti heavy cream, atau susu yg hasilnya akan lebih tipis dan transparan. Selamat mencobaa dan menikmati kesedapannya. 😚.
  14. Silakan yang punya komentar, dengan senang hati. Boleh tuh sambil ngemil cinnamon rolls nya bersama kopi hangat. (ini ada foto hasil pakai kurma pisang, dan tepungnya whole wheat).

Posting Komentar

0 Komentar