Resep Pempek (campur), Enak Banget

Pempek (campur). Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

Pempek (campur) Bagi yang tujuan pengiriman di wilayah Jabodetabek, pempek campurnya bisa ditambah dengan jenis Pempek Pistel. Dari Palembang bisa dikirim ke seluruh INDONESIA. Ups, Tidak ada produk di temukan.

Anda sedang mencari inspirasi resep pempek (campur) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek (campur) yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek (campur), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan pempek (campur) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pempek (campur) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pempek (campur) menggunakan 14 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Pempek (campur):

  1. Sediakan 500 gr ikan gabus giling (fresh dan dingin).
  2. Gunakan 6 butir telur.
  3. Gunakan 500 gr sagu.
  4. Ambil 1 bks tepung bumbu Sasa ukuran kecil.
  5. Gunakan 3 siung bawang putih (haluskan).
  6. Ambil 2 siung bawang merah (rajang halus).
  7. Siapkan 1 batang daun bawang (rajang halus).
  8. Siapkan 1 1/2 sdm garam.
  9. Gunakan 1 sdm gula.
  10. Gunakan 1/2 sdm merica bubuk.
  11. Sediakan 4 sdm minyak.
  12. Ambil Air untuk merebus.
  13. Gunakan Minyak untuk menggoreng.
  14. Siapkan Cuko, ebi halus dan irisan timun sbg pelengkap.

Andi menyebutkan pempek memiliki nama asli kelesan karena diambil dari sifat makanan tersebut, dikeles atau tahan disimpan lama. Pengiriman pempek Vico langsung dilakukan dari outlet Jl. Campur air, garam, kaldu bubuk masak hingga mendidih. Biasanya, orang-orang membeli pempek Lala untuk oleh-oleh.

Cara membuat Pempek (campur):

  1. Siapkan bahan, maaf ad bbrp bahan yg lupa di cantumkan..
  2. Karena saya mau bikin pempek telur besar (4buah). Jd saya pisahkan kuning telur untuk isian pempek telur besar,sedangkan putihny aku pakai untuk campuran adonan ikan.1butir kocok lepas kasih sedikit garam,untuk isian pempek telur kecil.
  3. Siapkan bowl/baskom. Masukkan ikang giling,putih telur,minyak,bawang putih, merica,garam n gula. Aduk sampai tercampur rata gunakan centong nasi/spatula (jgn tangan ya).Karna saya nanti mau bikin pempek chrispy, maka saya sisihkan 1centong adonan ikan dan simpan dulu di kulkas..
  4. Berikutnya masukkan tepung sagu sedikit² sambil aduk menggunakan centong. Campurkan sagu sampai adonan terasa cukup (tidak lembek dan tidak keras) agar mudah di bentuk. Kalo aku kira² 350 s/d 400gr..
  5. Sebelum membentuk adonan, sebaiknya kita memasak air untuk merebus nanti.
  6. Saatnya membentuk adonan. Yg pertama saya mau membuat 4 pempek telur besar. Lumuri tangan dgn sagu ambil adonan kira² lebih besar dari bola golf. Uleni dgn tangan,bentuk lonjong kemudian bentuk lubang di bagian atas,sambil di pipih²kn ke bawah Spt membuat kendi.masukkan kuning telur..
  7. Kemudian tutup dengan cara mengatupkan ujung² bagian atas adonan.kemudian rebus dgn api kecil. Jika adonan sudah mengapung tandanya pempek telah matang.Angkat dan tiriskan..
  8. Selanjutnya pepemek telur kecil.caranya sama dgn pempek telur besar hanya saja ukuran lbh kecil.dan buat sampai telur isian habis..
  9. Kemudian pempek lenjer kecil. caranya sgt mudah,ambil sedikit adonan lalu bentuk spt silinder. lakukan hingga adonan habis dan rebus hingga matang lalu tiriskan..
  10. Yg terakhir pempek Chrispy. Siapkan wadah.Masukan 1centong adonan ikan td,1butir telur utuh,irisan bawang merah,irisan daun bawang,1sdm tepung bumbu serbaguna,5sdm tepung sagu. Uleni menggunakan sendok.
  11. Siapkan juga di wadah piring sisa tepung bumbu dan 3sdm sagu, Aduk rata..
  12. Ambil 1sendok adonan lalu masukkan dalam tepung. Pipihkan adonan lalu cubit² permukaannya menggunakan tangan. Lakukan sampai adonan habis.
  13. Panaskan minyak dgn api sedang, Goreng pempek. Jika ingin langsung di konsumsi bisa di goreng sampai warna kuning kecoklatan. Jika belum mau di konsumsi goreng saja sebentar lalu angkat. Simpan di kulkas dan goreng kembali jika ingin di konsumsi..
  14. Pempek pun sudah siap..

Kenapa dgn Pempek Mang Bathin ? HOT & PAS DILIDAH; Cara Membuat Pempek Adaan Yang Enak : Campur ikan, telur, bawang merah, bawang putih, santan, daun bawang, garam, merica dan ketumbar. Masukkan tepung sagu, aduk sampai merata. Panaskan minyak dalam wajan, bentuk adaan seperti membuat bakso lalu goreng sampai matang. Empek empek Kapal Selam Pempek Lince.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat pempek (campur) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar