Bagaimana Membuat Wajik ketan gula merah yang Bikin Ngiler

Wajik ketan gula merah. Ketan wajik terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula jawa / gula merah lazim digunakan pada wajik jenis ini. Gula jawa akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua.

Wajik ketan gula merah Pertama taman anda harus menyiapkan bahan bahan diatas terlebih dahulu dengan ukuran yang pas. Selanjutnya anda bisa merendam ketan tersebut selama kurang lebih satu jam. Setelah direndam, kemudian kukus ketan tadi hingga matang lalu angkat.

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep wajik ketan gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal wajik ketan gula merah yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ketan wajik terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula jawa / gula merah lazim digunakan pada wajik jenis ini. Gula jawa akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari wajik ketan gula merah, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan wajik ketan gula merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah wajik ketan gula merah yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Wajik ketan gula merah menggunakan 6 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Wajik ketan gula merah:

  1. Ambil 1 liter ketan putih.
  2. Sediakan 11/2 kelapa lalu di ambil santanya.
  3. Ambil 700 gr gula merah yg ud di sisir (diiris2, klo kurang bisa +).
  4. Siapkan 3 helai daun pandan.
  5. Ambil 2 helai daun jeruk.
  6. Sediakan 1 sdt vanilli.

Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah. Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua. Begitu banyak kue yang dibuat dengan bahan dasar beras ketan, salah satunya ialah wajik.

Langkah-langkah menyiapkan Wajik ketan gula merah:

  1. Rendam beras ketan selama kuramg lebih 2jam,seteah itu kukus ketan hingga matang.
  2. Lalu masukan santam ke dalam penggorengan sertakan daun pandan,daun jeruk, dan vanilli.
  3. Masukan gula merah masak hingga gula merah larut,dan memgental hingga keluar minyak dari santan,smp keadaan airnya habis.
  4. Lalu masukkan ketan kedala penggorengan aduk terus hingga rata smp bnr2 tdk lagi lengket cek dengan pelastik tutul ke arah ketan apakah msh lengket atau sudah tidak,klo masih aduk terus hingga bnr2 yg ada di plastik hanya minyaknya saja,klo sudah siap di hidangkan..

Sebutan kue wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah dan memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Kue ini termasuk dalam kategori jajanan basah dengan cita rasa manis dan nikmat. Wajik ketan umumnya dibuat dengan tambahan gula merah sehingga didapatkan warna gelap kecoklatan. Ada wajik yang dibuat dari beras ketan dan gula merah, ada yang menggunakan gula kelapa, dan lainnya. Lihat juga resep Wajik Ketan Gula Merah enak lainnya.

Demikianlah resep terbaik membuat Wajik ketan gula merah, mari dilakukan didapur anda dengan memperhatikan semua bahan baku dan step step detail tersebut. Silahkan dibookmark website ini jadi anda bisa dengan mudah kembali kesini jika ada yang terlupa atau berharap menemukan artikel resep menarik yang sesuai. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terkini dari kami. Happy Cooking. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

"Setiap hari, ada hal istimewa yang menunggu dirimu. Kamu hanya perlu memanfaatkannya sebaik mungkin."

Posting Komentar

0 Komentar